Seiring perkembangan
zaman yang sangat pesat dan semakin canggih manusia dituntut untuk dapat
mengikuti perkembangan zaman yang ada agar dapat bertahan hidup dimasanya.
Meengikuti perkembangan zaman hadirlah komputer sebagai alat bantu manusia
untuk membantu maupun mampermudah suatu pekerjaan manusia di muka bumi ini .
Sekarang ini tanpa kita sadari hampir semua kegiatan sehari – hari kita
terhubung dengan sistem yang menggunakan komputer maupun penggunaan komputer
langsung. Menjalani kehidupan di era modern ini terasa sulit tanpa bantuan
komputer.
Agar kita dapat
menggunakan komputer perlu adanya interaksi agar komputer dapat mengerti apa
yang kita butuhkan dan kita inginkan seperti layaknya manusia satu dengan
manusia lainya berkomunikasi perlu adanya metode agar komunikasi atau interaksi
dapat berjalan dengan baik, diantaranya itu
meliputi perancangan, evaluasi, serta implementasi antarmuka pengguna komputer
supaya dapat mudah digunakan oleh manusia.
Menurut Asosiasi Untuk Mesin Komputerisasi IMK
merupakan” ilmu yang berkaitan dengan desain, evaluasi dan pelaksanaan
sistem komputasi interaktif manusia dengan dan menggunakan
studi kasus utama fenomena di sekitar mereka. “
Tujuan
adanya Interaksi Manusia Dan Komputer :
1. Membuat sistem yang
lebih:
§ Berguna
(usable)
§ Aman
§ Produktif
§ Efektif
§ Efisien
§ Fungsional
2. Meningkatkan interaksi
antara manusia dgn sistem komputer
Sistem yang bermanfaat
(usable) serta aman (safe), artinya ialah sistem itu bisa berfungsi dengan
baik. Sistem itu bisa untuk dapat mengembangkan serta meningkatkan
§ keamanan
(safety),
§ utilitas
(utility),
§ ketergunaan
(usability),
§ efektifitas
(efectiveness)
§ efisiensinya
(eficiency).
Para perancang antarmuka
atau biasa kita sebut interface manusia dan komputer berharap supaya sistem
komputer yang dirancangnya itu dapat bersifat ramah dengan penggunanya (user
friendly).Untuk dapat membuat antarmuka yang baik itu dibutuhkan user
experience agar dapat memahami apasih yang dibutuhkan untuk
menciptakan suatu interface yang penggunanya dapat menggunakanya dengan mudah.
Untuk menjadi user experience yang baik diperlukan beberapa bidang disipil
ilmu, antara lain ialah sebagai berikut :
1. Teknik elektronika &
ilmu komputer
memberikan kerangka
kerja untuk bisamerancang sistem HCI(imk)
2. Psikologi
memahami sifat serta
kebiasaan, persepsi dan pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna(user)
3. Perancangan grafis dan
tipografi
sebuah gambar bisa
bermakna sama dengan seribu kata. Gambar tersebut bisa digunakan ialah sebagai
sarana dialog cukup efektif diantara manusia dan komputer
4. Ergonomik
berhubungan dengan aspek
fisik untuk dapat mendapatkan suatu lingkungan kerja yang nyaman, misal :
§ bentuk meja
serta kursi kerja,
§ layar
tampilan, bentuk keyboard,
§ pengaturan
lampu,
§ posisi duduk,
§ kebersihan
tempat kerja
5. Antropologi
ilmu pengetahuan
mengenai manusia, memberikan suatu pandangan mengenai cara kerja berkelompok
yang masing – masing anggotanya supaya bisa memberikan konstribusi sesuai pada
bidangnya
6. Linguistik
adalah cabang ilmu yang
mempelajari mengenai bahasa, baca juga mengenai pengertian majas.
Untuk dapat melakukan dialog diperlukan juga sarana komunikasi yang memadai
yang berupa suatu
§ bahasa
khusus,
§ misal
bahasa grafis,
§ bahasa
alami,
§ bahasa
menu,
§ bahasa
perintah
7. Sosiologi
studi mengenai pengaruh
sistem manusia-komputer didalam struktur sosial, misal adanya PHK disebabkan
karena adanya otomasi kantor. baca juga mengenai Pengertian Sosiologi
Setelah User
Expreience memahami kebutuhan user, memecahka masalah user melalui
disiplin ilmu yang telah kita bicarakan diatas kemudian user
experience memberikan data kepaada User Interface untuk
perancangan desain interface menggunakan data yang telah
diberikan oleh user expereience dari peletakan button,
pemilihan bentuk button sampai penggunaan warna pada tampilan aplikasi yang
akan dibuat. Lalu setelah semua perjalanan panjang terlewati barulah engginer membuat
aplikasi yang telah di desain oleh user interface.
Berikut adalah contoh interaksi manusia dan komputer dalam
kehidupan sehari hari :
-Penggunaan Anjungan Tunai Mandiri (ATM)
Pada ATM yang biasa kita gunakan juga
merupakan sebuah Interaksi Manusia dan juga Komputer. Pada sebuah ATM kita
dapat melihat sebuah sistem antarmuka (Interface), kita dapat melihat menu-menu
yang tesedia pada layar ATM. Melakukan transfer ke sesama bank maupun antar
bank, cek saldo, dsb.
-Situs Website
Situs web merupakan salah satu aplikasi sistem
komputer yang banyak digunakan oleh manusia saat ini. Selain akses yang mudah
dan jaringan yang luas, informasi-informasi sangat mudah didapatkan melalui
sistem ini. Pencapaian informasi tersebut tentunya sangat terkait dengan desain
antarmuka. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, begitu banyak hal yang dapat
mengakibatkan kegagalan pada pengguna. Sangat disayangkan apabila
informasi-informasi yang sangat mudah didapatkan melalui situs-situs web tidak
dimaksimalkan atau justru memberikan dampak buruk bagi penggunanya.
-Bermain game
game juga merupakan
salah satu contoh interaksi mausia dan komputer, banyak remaja hingga orang
dewasa yang memainkan game berbasis komputer ini baik offline maupun online
untuk dapat hanya sekedar hiburan hingga dijadikan sebagai mata pencarian.
Seiring berjalanya waktu timbukah dampak Positif
maupun Negatif dari kegiatan Interaksi Manusia Komputer
a. Dampak Positif
1. Menghemat waktu
untuk mengerjakan pekerjaan perhitungan yang rumit seperti membuat laporan
keuangan.
2. Menghemat
tenaga, karena manusia mengendalikan komputer untuk meakukan tugas yang
berulang seperti menginput transaksi pembelian, penjualan dan lain-lain. Tanpa
menulis hal yang selalu berulang dari setiap transaksi.
3. Membantu
pekerjaan manusia dalam kehidupan sehari hari, seperti peralatan rumah tangga
yang semakin mudah dan cepat.
4. Kemudahan
memperoleh informasi yang ada di internet sehingga update berita lebih cepat.
5. Sarana
pendidikan, komersial atapun hiburan
b. Dampak Negatif
1. Berkurangnya
komunikasi antar manusia sehinga menimbulkan sifat yang yang individualisme.
Hal ini akan menyebabkan konflik sosial akibat tidak adanya kepedulian terhadap
sesama atau lingkungan sekitar, bahkan akan berpengaruh pada masalah budaya.
2. Intensitas
dan lamanya mansusia berada di depan komputer. Kajian utama dalam faktor
ini adalah proses interaksi manusia dan masyarakat yang kurang akibat terlalu
lamanya seorang individu berada di depan komputer. Seseorang akan menunda
waktunya untuk melakukan aktifitas lainnya jika sudah merasa asyik dengan
aktifitasnya dengan komputer. Contoh : bermain game, internet dengan
kecepatan yang tinggi.
3. Berkurangnya
etika dan kesopanan akibat pemanfaatan komputer yang salah.
4. Manusia
menjadi malas untuk bekerja secara manual karena ada teknologi canggih.
5. Banyaknya
Pengangguran
6. Ketergantungan
manusia dan komputer.
7. Kegagalan mental
si pengguna komputer. Kurangnya bergaul dengan orang lain dan lingkungan
merupakan keluhan para orang tua kepada mental anaknya. Mereka kebanyakan
apatis kepada lingkungan dan cendrung bersifat pemalas.
Dikutip
melalui :
http://www.dosenpendidikan.com/100-macam-pengertian-imk-menurut-para-ahli-dan-contohnya/
http://ti220.ilearning.me/2015/08/10/cermi-interaksi-manusia-dan-komputer-5/
Komentar
Posting Komentar