Buka Jalur Komunikasi Di Berbagai Media
Berbisnis secara online memberikan kita
kemudahan untuk berkomunikasi dengan customer, sekalipun tidak bertatap muka
secara langsung. Bukalah jalur komunikasi di banyak media, mulai dari email,
telepon, instant messaging dan juga sosial media. Karena kemana mereka mencari
mereka akan tahu harus kemana. Anda juga bisa memberikan service berupa asisten
pribadi untuk setiap pelanggan Anda dalam sekali berkomunikasi. Sehingga mereka
benar – benar merasa didengarkan dan penting bagi bisnis Anda.
Tunjukkan Testimoni Positif
Ketika Anda yakin dengan pelayanan terbaik
yang Anda berikan, maka Anda bisa meminta testimonial dari pelanggan Anda. Anda
bisa membuat sebuah testimonial berupa text ataupun video. Biarkan mereka
melihat dan percaya bisnis Anda dari testimonial yang Anda tunjukkan.
Mencari Produk Yang Bisa Diiklankan Secara
Digital
Lihatlah barang di lapak online yang telah maju. Dan Anda mampu
menjual produk dengan melihat keperluan Anda sendiri, contohnya baju, sepatu,
kosmetik, dan makanan .
Jawab Sesegera Mungkin Pertanyaan Yang Masuk
Ada kalanya pelanggan bisnis online merasa
kesal saat berbelanja ketika mereka menerima pelayanan yang buruk. Salah
satunya yaitu pertanyaan yang lama tidak dijawab baik melalui chatting ataupun
email. Hingga pada akhirnya mereka pergi dan enggan kembali. Jawab sesegera
mungkin pertanyaan yang masuk kepada Anda.
Ikut Komunitas Penjual
Jangan biarkan diri Anda hanya sekedar berjualan,
sesekali mengupgrade skill penjualan Anda juga penting lho. Hal ini sangat
penting, agar Anda tau trik dan tips cara promosi toko onlineterkini.
Sesekali sempatkan diri untuk bergabung di
komunitas penjual online agar Anda juga bisa dapat tambahan
ilmu tentang prospek bisnis toko online di tahun depan. Dari
situ Anda tidak hanya bisa mendapatkan pengalaman baru, tapi juga bisa
memperluas jaringan pemasaran.
Sediakan Banyak Cara Untuk Proses Pembayaran Anda
Untuk upaya membentuk kepercayaan pelanggan
online kita, kita bisa memberikan mereka fasilitas yang memang dibutuhkan.
Salah satunya adalah cara pembayaran online yang bisa mereka lakukan. Saat ini
banyak toko online yang menggunakan lebih dari 1 jenis cara pembayaran online.
Tujuannya untuk memudahkan pelanggan mereka dalam melakukan transfer atau
pembayaran barang yang dipesan. Proses pembayaran bisa melalui bank, Paypal,
Doku dan lain sebagainya.
Terima Setiap Kritik Dan Saran Yang Masuk
Jika Anda sudah meminta testimonial kepada
pelanggan, maka Anda juga bisa meminta mereka untuk memberikan kritik, saran
atau keluhan lainnya. Terima saja apa yang mereka ucapkan, sampaikan ucapan
terima kasih dan jangan lupa untuk minta maaf ketika Anda salah. Kritik dan
saran ini berguna bagi pengembangan bisnis online Anda. Karena Anda hanya akan
bertemu dengan pelanggan melalui komunikasi online, sehingga perubahan akan
membuat mereka semakin percaya jika bisnis Anda yang terbaik.
Survei Pasar
Dan yang paling penting dari semuanya adalah Anda harus
melakukan survei terhadap pasar terlebih dahulu. Pastikan bahwa Anda menjual
produk yang benar-benar dibutuhkan dan dicari oleh pasar.
Jangan hanya sekedar ikut-ikutan trend pasar tanpa jelas
alasan mengapa Anda menjual produk tersebut. Apakah Anda sudah siap untuk
menghadapi persaingan toko online di tahun 2018?
Jangan Janjikan Hal Yang Sulit Anda Berikan
Membahagiakan pelanggan memang tujuan kita
agar dipercaya kembali oleh mereka. Tapi ingat ketika Anda memberikan janji
kepada mereka maka upayakan untuk mewujudkannya. Jangan memberikan janji yang
tidak mungkin bisa Anda wujudkan. Karena ini sangat berpengaruh terhadap
tingkat kepercayaan pelanggan Anda.
Berikan Mereka Hadiah
Memberikan kebahagiaan kepada
pelanggan bisa juga melalui pemberian hadiah atau bonus.
Terlebih bagi mereka yang membantu Anda agar lebih
dikenal oleh orang lain. Anda bisa membuat sebuah promo atau program berhadiah
lainnya. Adakan saja beberapa program dalam beberapa waktu yang Anda sudah
rencanakan. Hadiah yang diberikan juga bisa berupa barang ataupun voucher
belanja. Selain memberikan kesan senang, ini juga memberikan mereka kesan
percaya terhadap bisnis Anda.
Komentar
Posting Komentar